PERANCANGAN PLATFORM VIRTUAL JAVA PROGRAMMING
LABORATORY (VJP-LAB) SEBAGAI SARANA PENGUATAN
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN JAVA

Endra Rahmawati

Kuliah secara konvensional dianggap kurang memadai dalam proses pembelajaran mata kuliah bahasa pemrograman. Para pengajar sering menghadapi kendala dalam menyampaikan materi di kelas, terutama untuk bahasa pemrograman menggunakan Java. Hal ini disebabkan tidak tersedianya media belajar yang tepat untuk mempelajari bahasa pemrograman Java. Meskipun banyak vendor ternama yang telah menyediakan editor Java lengkap dengan library, namun tidak sedikit mahasiswa yang mengalami kesulitan mempelajari bahasa pemrograman tersebut.
Untuk mengatasi permasalahan diatas, pada paper ini akan dibahas mengenai perancangan Platform Virtual Java Programming Laboratory (VJP-Lab) sebagai sarana penguatan Konsep Dasar Pemrograman Java. Platform ini menghadirkan proses pembelajaran berbasis Laboratory Based Education secara virtual. VJP-Lab dirancang dengan karakteristik sebagai digital library, modelling, quiz dan e-seminar.
Dalam implementasinya, pengembangan platform ini melibatkan tenaga ahli dari berbagai bidang, yang selanjutnya difungsikan sebagai developer, narasumber, dan advisor. Selain digunakan secara internal dalam proses pembelajaran di kampus, masyarakat umum juga dapat memanfaatkan semua informasi yang tersedia pada VJP-Lab tersebut. Untuk pemanfaatannya, platform ini akan mempercepat proses peningkatan kualitas programmer yang handal, menuju penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Kata kunci: Media Belajar, Virtual Java Programming Laboratory (VJP-Lab), Konsep Dasar Java

Download File: 5-PERANCANGAN PLATFORM VIRTUAL JAVA PROGRAMMING LABORATORY (VJP-LAB) SEBAGAI SARANA PENGUATAN KONSEP DASAR PEMROGRAMAN JAVA.pdf