RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN UNSUR KIMIA
MENGGUNAKAN SISTEM AUGMENTED REALITY
UNTUK PELAJAR SMA

Kholid Fathoni, Rizky Yuniar Hakkun, Artanisa Pratama

Mata pelajaran kimia adalah salah satu mata pelajaran wajib pada bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Pada mata pelajaran tersebut mempelajari berbagai macam unsur kimia beserta senyawa-senyawa yang dihasilkan dari hasil ikatan beberapa unsur kimia tersebut. Sebanyak 70% dari 20 sampel siswa merasa kesulitan jika hanya mempelajari bentuk molekul hanya dengan gambaran yang ada di buku pelajaran. Oleh karena itu pada penelitian ini dibuatlah alternatif lain pembelajaran unsur kimia yang mencakup hidrokarbon alkana, alkena, dan alkuna dengan menggunakan sistem Augmented Reality. Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan bendabenda maya tersebut dalam waktu nyata. Tersedia marker untuk merepresentasikan tiap senyawa hidrokarbon Alkana, Alkena, dan Alkuna yang dimulai dari n=1,2,..., 5 dan untuk menghasilkan hasil reaksi oksidasi, substitusi, adisi, dan eliminasi maka diperlukan 2 marker inputan yang kemudian marker tersebut akan diidentifikasi oleh kamera dan dilakukan proses rendering 3D object yang akan menampilkan bentuk struktur dari senyawa hidrokarbon dan hasil reaksinya secara nyata 3D dan audio berupa informasi tentang hasil reaksi senyawa hidrokarbon tersebut. Dari hasil ujicoba yang dilakukan, aplikasi ini dapat dijadikan alternatif sebagai media pembelajaran yang menarik dan interaktif untuk siswa SMA.

Kata kunci: augmented reality, pembelajaran, kimia, marker

Download File: 3-RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN UNSUR KIMIA MENGGUNAKAN SISTEM AUGMENTED REALITY UNTUK PELAJAR SMA.pdf